Selasa, 11 Oktober 2011

Pentingnya berekreasi dalam blogging

desintarasyid.blogspot.com


Mungkin anda pernah berfikir jika grup band beraliran rock selalu membawakan lagu-lagu rock disetiap penampilannya bahkan saat mereka latihan. Ternyata tidak, saya pernah melihat (di televisi) sebuah band lokal membawakan lagu yang jauh berbeda karakternya dengan karakter musik yang sudah melekat dengan band tersebut. Dan pastinya cara ini ampuh untuk menjaga kualitas dan jauh dari kejenuhan agar produktifitas tetap terjaga.


Begitu pula dengan seorang blogger. Seorang pemilik blog atau blogger pasti memiliki karakter dan gaya masing-masing saat menulis materi blognya. Laiknya aliran musik, blogger juga terbagi menjadi banyak karakter yang saling berbeda satu dengan lainnya. Seorang blogger yang sudah memiliki karakter kuat pasti akan menulis dengan gaya menulis dan jenis tulisan yang sama setiap kali melakukan posting. Hal ini kadang akan melahirkan kejenuhan yang berakibat menurunnya produktivitas seorang blogger.

Bila hal ini pernah atau sedang terjadi pada anda mungkin anda memang sedang memerlukan suatu ”rekreasi” dalam blogging. Bagi anda yang biasanya menulis di blog tentang kehidupan sehari-hari anda, mungkin anda bisa sedikit merubahnya menjadi menulis blog tentang kehidupan orang lain, atau mungkin anda mulai beralih menulis puisi atau bahkan anda mencoba membuat tulisan yang berisi tips-tips yang bermanfaat bagi orang lain.

Jika anda memang merasa jenuh dengan gaya menulis anda dan ingin ”berekreasi” sejenak, saya sarankan agar anda membuat blog baru sebagai tempat pelarian anda selama ”berekreasi” tersebut. Hal ini untuk menghindari saling campur aduk materi antar genre blog yang berbeda.

Saya sendiri sudah melakukannya dan menurut saya ini sangat menyenangkan dan efektif. Bahkan saat ini saya sudah memiliki tiga blog dengan karakter yang sangat berbeda satu sama lain. Saya biasa menulis ide dan opini saya di berbagiopini.blogspot.com , saya juga sedikit curhat melalui sajak indah di gajahgondrong.blogspot.com ,  dan saya juga sering berubah menjadi tukang copy paste di yousharelink.blogspot.com .

Melakukan ”rekreasi” dalam ngeblog ini saya rasa sangat efektif untuk menjaga produktivitas seorang blogger dan juga untuk menjaga agar postingan kita tetap berkualitas. Karena produktivitas dan kualitas akan sulit tercapai saat kita mengalami kejenuhan.

Hanya sebatas Opini...
Semoga menginspirasi...
Bagaimana menurut anda?

5 komentar:

  1. setuju gan, selain itu biar keyword nya tidak tercampur

    BalasHapus
  2. hidup kita di tiga tempat kerja, rumah tangga, dan berita, jadi kebanyakan blog berkisar diantara ke-tiga tersebut bahkan ada satu orang yang mempunyai 3 pandangan dan gaya blog yang berbeda, nice post bro salam kenal

    BalasHapus
  3. hehe betul juga sob, jadi blog nya di beda-bedain temanya.. jadi ga campur aduk konten blognya.. seepp

    BalasHapus
  4. terlalu byk jg bkin stres ngurusnya :D jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus