Rabu, 07 September 2011

Menjadi korban copas





Sebelumnya beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis di blog ini tentang blog copas (copy – paste) yang harusnya masih mematuhi rambu-rambu etika saat mengambil artikel dari blog lain. Diantaranya rambu yang harus dipatuhi adalah blog yang meng-copas harus mencantumkan sumber asli asal tulisan tersebut.

Saya ingin sedikit berbagi cerita tentang hal yang saya alami mengenai blogger copas yang menurut saya sedikit tidak punya  aturan. Suatu ketika saat saya ingin melihat apakah blog saya sudah terindeks oleh mesin pencari google atau belum. Saya mencoba mengetikkan judul salah satu artikel saya di google tetapi bukannya menemukan blog saya sendiri, justru saya menemukan blog lain memuat artikel yang saya buat sendiri tersebut dengan judul dan materi yang sama sekali tidak dirubah dan hanya dicopy-paste.

Yang membuat saya semakin geram adalah ketika saya masuk ke blog tersebut ternyata sama sekali tidak dicantumkan sumber artikel itu. Saya marah namun tidak tahu harus berbuat apa. Walaupun saya sempat “berteriak” di kolom komentar pada blog tersebut namun saya sadar  jika hal itu sia-sia.

salah satu  artikel "berbagi opini" yang dicopas secara ilegal
Daripada terus mendendam saya mulai berpikir bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terulang lagi. Dan terlintas ada dua cara untuk membuat blog saya lebih aman. Yaitu dengan cara memasang script agar ketika blog kita di-copas otomatis langsung muncul link yang menuju ke blog kita, atau cara kedua adalah memasang script agar blog sama sekali tidak bisa di-copas. Mungkin dua cara tersebut bisa anda gunakan untuk membuat blog anda lebih aman.

Melalui tulisan ini saya akan sedikit mengingatkan jika anda ingin meng-copas harusnya anda memperhatikan rambu-rambu etika dengan tetap mencantumkan sumber.

 Anda bisa meng-copas semua materi blog yang berkualitas, tapi anda tidak akan bisa meng-copas ide kreatifitas yang ada  di dalam otak blogger berkualitas.

Bagaimana opini anda?

4 komentar:

  1. setuju bro...blog gw juga ada yg copas..
    kita memang mesti punya etika dalam ngblog..

    BalasHapus
  2. walau pake script gitu,,artikel agan juga bisa dicopas kok,,tp bagi yang ngerti doang

    BalasHapus
  3. iya saya juga pernah punya pengalaman di COPAS rasanya ngak enak banget.mending juga kalo dia nyantumin sumber ini ASLI COPAS tulen..hehe,thanks bro semoga artikelnya menginspirasi para blogger biar bikin kreatifitas sendiri,,,asli buatan sendiri...:)

    BalasHapus
  4. setuju om.. copas boleh tapi sumber harus dimuat juga.. mudah2'n mas mau menshare cara script untuk menghidari kopas :) salam kenal ^_^

    BalasHapus