Sabtu, 06 Agustus 2011

Fenomena Blog Copas: Blog Copas Belum Tentu Perampok


Ada banyak tipe blog dan blogger saat ini, salah satunya adalah blog yang materinya adalah materi yang didapat dari mengcopy dari blog lain. biasanya blog macam ini  lebih mengedepankan banyaknya pengunjung blog daripada orisinalitas materinya.

Keberadaan blog copas memang sudah sangat terasa di kalangan blogger. Tak jarang pemilik blog kesal karena tulisannya dicopas oleh blog lain. bahkan beberapa blogger menyebut blog copas adalah perampok. Pemilik blog copas hanya cukup mengcopy tulisan dib log lain kemudian di paste di blognya setelah itu tinggal ongkang – ongkang kaki menunggu pengunjung ke blognya.

Apakah blog copas sepenuhnya salah?  Pantaskah blogger lain memperlakukan mereka sebagai perampok?


Blog akan lebih bernilai di mata blogger lain jika sesama blogger berlomba – lomba membuat tulisan yang menarik tanpa harus saling meng-copas. Kalau bisa menulis sendiri kenapa harus copas. Atau mungkin karena blogger kini sudah “terlalu pintar” sehingga menurut mereka blog copas jauh lebih menguntungkan tanpa harus memeras otak.

Blog copas belum sepenuhnya dapat dikatakan sebagai perampok jika mereka melakukan beberapa hal agar kegiatan mereka itu sedikit lebih “sopan”. Yang pasti blog copas harus mencantumkan link sumber tulisan yang mereka ambil dan sangat diharamkan untuk menggunakan script copas otomatis. Script copas otomatis adalah script yang ditanam dib log sehingga blog bisa mengcopas blog lain secara otomatis setiap hari. Kalau sudah begitu maka blog copas sudah tidak layak disebut perampok, masak perampok menyantumkan asal barang rampokannya? Hehe…

Percuma blogger original memusuhi blogger copas karena mereka tak akan pernah berhenti. Kalau memang materi blog tidak ingin dicuri bloggercopas lebih baik anda memasang script yang bisa membuat materi blog anda tidak bisa dicopas. Tapi jika anda mau, jadikanlah bloggercopas sebagai sahabat anda, karena jika blog anda di copas maka link blog anda akan banyak tersebar dan blog anda akan semakin terkenal. 

untuk para blogger copas, jadilah blogger copas yang sopan. Tapi buat apa copas kalau bisa nulis sendiri.



6 komentar:

  1. copas yg sopan tu gmn? (-_-)"

    BalasHapus
  2. wah, kalo saya ambil dua-duanya sob.... hahaha
    ada yang copas, ada yang tulisan sendiri... :D

    BalasHapus
  3. oh begitu ya sob..thank loh berbagi pengetahuannya...saya yakin postingan ini pasti ngak copas,,hehe

    BalasHapus
  4. Bener kata mas bro admin, klo sering dicopas kita bisa cepet tenar. Pnglmn sy punya satu postingan PR3 gara2 dicopas ampe ratusan kali dlm sebulan (liatnya pake tools) pdhl homepagenya ja cuma PR2

    Entah para copas-er rela pasang backlink atw yg copas banyakan AGC, tau dah.

    BalasHapus
  5. alhamdulillah lebih suka nulis sendiri... ehehhe

    BalasHapus
  6. sepertinya copas sudah menjadi budaya ya? hehhe,
    bener juga klo pun mau copas, lebih baik tulislah link sumbernya :D
    hargai karya orang lain, mereka itu membuat dengan segala kreatifitasnya loh

    BalasHapus